KUNJUNGAN TIM VISITASI VERIFIKASI DAERAH SULIT DAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DAERAH TERPENCIL

2

TIM VERIFIKASI DINAS KESEHATAN PROPINSI SULAWESI SELATAN DAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN ENREKANG, 2022

Secara Administratif Kecamatan Buntu Batu yang Ibukotanya terletak di Desa Pasui dan  terdiri atas  8 (Delapan) Desa dengan luas wilayah kerja + 126,65 Km 2 .

Puskesmas Buntu Batu berlokasi di Desa Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang adalah salah satu Puskesmas dari 14 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Enrekang, merupakan Kecamatan terjauh yang berbatasan langsung dengan Luwu dan Berada di wilayah Pegunungan Latimojong. Puskesmas Buntu Batu dibangun pada Tahun 2005, mulai beroperasi pada bulan maret 2007 dengan luas wilayah kerja 126.65 km2 . Dengan jarak ± 45 km dari ibu kota Kabupaten Enrekang, sehingga untuk menjangkau Puskesmas Buntu Batu diperlukan waktu tempuh kendaraan roda dua selama ±1 jam 30 menit dan kendaraan roda empat kurang lebih 2 jam dari pusat kota, sementara jarak dari Desa dan atau Pustu ke Puskesmas 0 hingga 30 km, dengan waktu tempuh s/d ± 2 jam (± 4 jam PP).

Wilayah kerja Puskesmas terdiri dari 8 (Delapan) Desa dan 33 (Tiga Puluh Tiga) Dusun. Desa yang terjauh dari Puskesmas ada 3 (Tiga) Desa yaitu Desa Latimojong, Desa Potokullin dan Desa Ledan. Ketiga desa jauh ini memiliki akses jalanan yang dapat ditempuh dengan Kendaraan Roda 2 dan roda 4, tetapi pada musim hujan ketiga desa ini tidak bisa diakses karena kondisi jalan yang rusak.

  1. Desa Latimojong

Desa Latimojong merupakan desa terjauh yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Luwu dan merupakan Desa yang berada di kaki Gunung Latimojong, Gunung tertinggi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.680 meter.  Desa Latimojong berjarak sekitar + 20 Km dari Puskesmas Buntu Batu dan diapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan roda 4 (Kendaraan Khusus, Truk, Hardtop dan Double Handel /4 Wd) terutama pada musim hujan kendaraan tertentu tidak bisa melalui jalanan yang terputus karena longsor. Desa Latimojong terdiri atas 5 (Lima) Dusun yaitu Dusun Angin-angin, Dusun Karangan, Dusun Rantelemo, Dusun Wai-wai dan Dusun Karuaja dengan Luas wilayah + 19,98 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 2.449 jiwa  dapat diakses dengan waktu tempuh + 1,5 – 2 jam. Di desa Latimojong terdapat 2 Sarana Kesehatan ( Pustu Rantelemo dan Pustu Karangan).

2 thoughts on “KUNJUNGAN TIM VISITASI VERIFIKASI DAERAH SULIT DAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DAERAH TERPENCIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *